Wednesday, December 28, 2016

Inilho Tradisi Nyeleneh Beberapa Negara dalam Menyambut Pergantian Tahun, Indonesia Ada Nggak Ya?!

Tags


2017 sebentar lagi tiba, wah udah nyiapin apa saja nih? Kembang api, makan-makan atau tiduran aja nanti?


Hmmm... ngebahas soal pergantian tahun, nggak cuma Indonesia aja yang memiliki tradisi unik saat pergantian tahun nanti, beberapa negara ini juga memiliki tradisi unik saat merayakannya lho, nggak percaya? Yuk kita lihat gimana perayaan mereka!

Makan anggur...

Untuk urusan tahun baru, Spanyol punya tradisi unik yang mesti dilakuin pada mendekati pergantian tahun nanti, yakni makan anggur. Makan anggur ini bukan asal makan aja, tapi harus makan 12 butir anggur tepat jam 12 malam.
Katanya sih ngelakuin ginian dipercaya membawa berkah pada tahun sebelumnya, gimana menurutmu gaes?

Bakar boneka...

Berbeda dengan Spanyol, Ekuador sendiri juga nggak mau ketinggalan, disana ada tradisi dimana orang-orang wajib membakar boneka (Año Viejos) tepat saat malam pergantian tahun. Katanya sih bisa menghilangkan kesialan.

Bikini warna-warni...


Di Venezuela juga punya tradisi unik saat pergantian tahun lho, yakni para wanita disana diwajibkan memakai baju bikini dengan warna yang cerah. Ada dua warna yang digemari oleh wanita di Venezuela, yakni kuning yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan warna pink yang dipercaya dapat mendatangkan jodoh.

Meloncati tujuh ombak...



Kalau di Brazil, warganya malah diwajibkan buat meloncati ombak di pantai, katanya nih tradisi semacam ini dipercaya mendatangkan hal-hal baik

Merayakan di pemakaman...


Untuk Chili, perayaan unik yang dilakukan warganya adalah mengunjungi pemakaman saat malam pergantian tahun, menurut warga setempat, mengunjungi pemakaman sama halnya menghargai keluarga atau kerabat yang sudah meninggal.

Mengumpulkan piring-piring bekas...



Kalau Denmark, warganya malah ngumpulin piring bekas buat dilemparin ke rumah tetangga saat tahun baru, dan nggak akan ada yang marah soalnya tradisi aneh ini sudah berumur ratusan tahun.
So, kalau ada sebuah rumah yang paling banyak dilemparin piring itu tandanya si pemilik rumah punya banyak teman dan disukai banyak orang.

Membakar foto-foto masa lalu...


Di Argentina, orang-orang biasanya ngerayain malam tahun baru dengan membakar foto-foto dengan mantan. So jangan heran kalau di beberapa kota di Ekuador sering terjadi pembakaran masal yang dilakukan oleh warganya.
Menggunakan daun untuk mencari jodoh...


Kalau urusan jodoh, wanita Irlandia bisa dibilang demen banget ngelakuin hal-hal aneh, contohnya saat mendekati malam pergantian tahun, mereka kerap kali mencari daun mistletoe untuk ditaruh di bawah bantal, tujuannya ya biar dapat pacar atau kalau nggak gitu biar pacar mereka segera melamar mereka... cieeee
Menuangkan timah...


Bisa dibilang tradisi yang dilakuin orang-orang di Austria ini sangat ekstrim, bukannya berpesta atau makan-makan, orang Austria malah menuangkan timah saat tahun baru, tujuanny ya biar bisa memprediksi kondisi kehidupan di tahun yang akan datang, contohnya, bentuk bola menunjukkan keberuntungan sepanjang tahun, jangkar berarti memerlukan bantuan, dan salib berarti kematian.
Tradisi ini biasa disebut dengan nama Lead Pouring.

Melakukan penggalangan dana...


Untuk Turki, tahun baru justru dimanfaatkan untuk melakukan penggalangan dana, tujuannya biar bisa menyebarkan kebahagiaan kepada sesama. Keren yak!
Menyalakan api unggun...


Di Italia, ada kebiasaan menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar. Api unggun ini nggak boleh padam dalam satu hari. Soalnya, mereka percaya kalo mereka nggak bisa merasakan sinar matahari sepanjang tahun kalo api besar itu padam dalam semalam.
Menebar biji delima...


Untuk orang-orang di Yunani, mereka biasa merefleksikan malam pergantian tahun dengan cara menyebarkan biji delima sebagai simbol kemakmuran. Mayoritas orang Yunani memang percaya kalau biji ginian itu melambangkan kesuksesan
Seru-serua ya tradisi tahun baru di berbagai negara, apa sih kegiatanmu saat pergantian tahun nanti? Share di kolom komentar ya!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon